Wednesday, April 10, 2019

MENGAPA SALIB, PATUNG DAN GAMBAR SUCI DI GEREJA DISELUBUNGI KAIN UNGU MULAI MINGGU KE 5 PRAPASKAH (MINGGU SENGSARA)?

Hal ini untuk membantu menandakan misteri "Yesus menyembunyikan diri-Nya sendiri"

Patung/lukisan suci di gereja Katolik ditutupi dengan kain ungu mulai dari Vesper pada hari Sabtu malam sebelum Minggu Sengsara ─ (Minggu ke 5 di Masa Prapaskah ─ Dominica de Passione) ─ sampai Gloria dinyanyikan saat Misa Paskah tengah malam (Misa jam 12 malam saat Sabtu Suci).

(Salib-salib dibuka selubungnya pada sore hari Jumat Agung setelah Salib Suci utama di gereja dibuka selubungnya saat penghormatan meriah atas Salib. Stasi-stasi Jalan Salib tidak pernah diselubungi).
Minggu kelima di Masa Prapaskah, juga dikenal sebagai Minggu Sengsara, memulai dua minggu "Masa Sengsara". Minggu pertama disebut Minggu Sengsara, dan minggu kedua disebut Pekan Suci.

Pembacaan Injil secara tradisional saat Minggu Sengsara berfokus pada meningkatnya kebencian terhadap Kristus dari pihak Yahudi. Mereka menuduh Dia menjadi orang Samaria, melakukan sihir, penghujatan, seperti yang dimiliki Setan. Mereka tidak berpikir bahwa Kristus adalah "guru yang baik." Mereka mengira Dia adalah agen Setan.

Bacaan Injil untuk Minggu Sengsara ─ (hari Minggu kelima Prapaskah) ─ diambil dari bab kedelapan Injil Santo Yohanes yang berakhir dengan kata-kata ini:
"Mereka mengambil batu hendak merajam Dia. Tetapi Yesus menyembunyikan diri dan keluar dari Bait Allah." ─ (Yohanes 8:59)

Menurut Santo Agustinus, pada saat ini ketika "Yesus menyembunyikan dirinya," Kristus sebenarnya menjadi TAK TERLIHAT berdasarkan sifat ilahi-Nya.
Santo Agustinus menulis: Dia tidak menyembunyikan diri di sudut Bait Allah, seolah ketakutan, atau berlari ke bangunan, atau berbelok ke belakang dinding atau kolom: tapi oleh Kuasa Ilahi-Nya membuat diri-Nya sendiri tidak terlihat, Dia berlalu dari tengah-tengah mereka.

Saat ini banyak Gereja Katolik modern yang terpengaruh oleh Protestantisme tidak lagi mengikuti tradisi menyelubungi Salib/patung/gambar suci.

Sesungguhnya Salib-salib seharusnya terselubung mulai Minggu kelima Prapaskah sampai Jumat Agung. Jika Salib tidak terselubung, lalu apa gunanya penyingkapan selubung Salib pada hari Jumat Agung?

No comments:

Post a Comment